UEFA Nations League: Italia Bungkam Belanda 1-0

Posted on

Italia pulang dengan angka penuh dari lawatan ke Belanda di kelanjutan UEFA Nations League. Gol Nicolo Barella memenangi Gli Azzurri 1-0. Italia berkunjung ke tempat Belanda di Johann Cruyff Ajang, Selasa (8/9/2020) pagi hari WIB, dalam kelanjutan laga Grup 1 Liga A UEFA Nations League. Team garapan Roberto Mancini itu mengawali dengan yakin diri serta mengatur laga.

Sesudah beberapa peluang terbuang, Italia sukses cetak gol pada menit pertama injury time babak pertama. Operan silang Ciro Immobile disambar tandukan Barella. Italia pernah menjaga kontrol di awalnya babak ke-2, tetapi selanjutnya Belanda memberi respon serta menggantikan permainan. Meskipun begitu, tidak ada gol yang sukses dibuat Memphis Depay dkk.

Dengan kemenangan ini, Italia pimpin Group 1 dengan bekal empat poin dari dua laga. Belanda berada di tempat dua, kumpulkan dua point yang sama juga dengan Polandia. Bosnia and Herzegovina di posisi terikat sebab baru kumpulkan satu point.

Jalannya Pertandingan

Italia menyebar intimidasi berbahaya pada menit ke-12 lewat tindakan Nicolo Barella. Tendangannya mengenai Joel Veltman serta melaju sedikit di atas garis gawang Belanda. Kesempatan bagus kembali lagi didapat Italia lima menit berlalu, saat Leonardo Spinazzola menyerobot serta melalui beberapa pemain. Dia lalu mengirim operan silang yang disambar Nicolo Zaniolo dengan sepakan gunting, tetapi bola masih membumbung. Italia terus menggenggam kendali permainan. Tendangan mendatar Immobile menyongsong umpan Lorenzo Insigne masih tipis saja ke samping kanan gawang.

Eksperimen pertama Belanda terbentuk pada menit ke-32, saat shooting Georginio Wijnaldum ke arah gawang. Eksperimennya masih gampang di stop oleh Gianluigi Donnarumma. Dua menit selanjutnya Italia memberi respon lewat tindakan Insigne. Tusukannya dari kiri disudahi tendangan meliuk yang cuma melejit tipis saja ke kanan gawang.

Kerja sama bagus Italia pada prosedurnya menghasilkan gol di waktu injury time babak pertama. Disamping kiri, Insigne menyodorkan bola ke Immobile, yang meneruskannya dengan operan silang. Barella menyambar umpan itu dengan tandukan, bawa Italia tutup paruh pertama unggul 1-0 atas Belanda.

Dalam Pertandingan di Babak Kedua

Italia meneruskan desakan di babak ke-2 serta telah menyebar intimidasi serius ke Belanda di menit ke-53. Umpan cerdas Barella diterima Insigne serta coba dituntaskan dengan shooting mengarah gawang. Kesempatan ini penjaga gawang Belanda Jasper Cillessen cepat menangkis bola. Belanda balas memberikan ancaman dua menit setelah itu. Operan terobosan Memphis Depay dilanjutkan Wijnaldum ke Donny van de Beek. Shooting pemain tengah baru Manchester United itu ditepis oleh Gianluigi Donnarumma.

Shooting Memphis Depay di luar kotak penalti pada menit ke-61 masih jauh dari target. Sedang kesempatan Italia dari Moise Kean enam menit selanjutnya usai melebar ke kanan gawang. Belanda mulai semakin banyak kuasai bola serta coba memburu ketinggalan. Tetapi beberapa pola gempuran tidak berhasil dituntaskan dengan prima. Belanda memperoleh peluang dari sepakan bebas pada menit ke-84. Depay mengirim operan lambung serta disambar oleh Luuk de Jong. Belum cukup untuk mencelakakan gawang Italia.

Belanda memperoleh peluang bagus pada menit ke-91. Operan silang Martin de Roon dari kanan ke arah Depay yang tidak terkawal di tiang jauh. Depay coba menyongsong bola dengan sepakan salto, tetapi justru tidak berhasil ke arah gawang. Sepakannya membal ke tanah serta melaju ke atas gawang. Giliran Italia yang hampir buat gol selang beberapa saat. Moise Kean merampas bola di muka kotak penalti Belanda serta dalam tempat bebas hadapi penjaga gawang. Dia telah melalui Cillessen, namun tendangannya malah melebar. Sampai laga selesai, tidak ada lagi gol terbentuk.

Susunan pemain:

Belanda: Cillessen; Hateboer (Dumfries 70), Veltman, van Dijk, Ake (L De Jong 82); De Roon, van de Beek (Bergwijn 57), F De Jong; Wijnaldum, Depay, Promes

Italia: G Donnarumma; D’Ambrosio, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Locatelli (Cristante 82); Zaniolo (Kean 42), Immobile, Insigne (Chiesa 90)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *