Tampilan Windows 10 Bisa Dibikin Jadi Gelap Begini Caranya

Posted on

Tampilan Windows 10 Bisa Dibikin Jadi Gelap Begini Caranya – Menggunakan laptop atau PC dalam jangka waktu yang lama bisa membuat mata terasa cepat lelah. Hal tersebut disebabkan oleh cahaya yang dipancarkan oleh layar. Biasanya, masalah tersebut diatasi dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Selain itu sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan untuk meminimalisasi dampak buruk cahaya layar monitor terhadap mata.

Tampilan Windows 10 Bisa Dibikin Jadi Gelap Begini Caranya

Cara tersebut adalah dengan mengaktifkan mode gelap. Mode gelap atau dark mode ini sejatinya sudah banyak digunakan di smartphone. Mode gelap juga bisa digunakan di laptop, khususnya laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 10. Cara mengaktifkannya pun mudah. Untuk mengaktifkan mode gelap di Windows 10, Anda cukup memulai dengan membuka menu “Pengaturan” atau “Setting” di laptop.

Menu Setting ini bisa Anda temukan melalui menu start Windows di bagian pojok kiri bawah layar, atau dengan menulis “Settings” di kolom pencarian. Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, pengguna akan melihat sejumlah pilihan. Pilih opsi “Personalisasi” dan kemudian pilih opsi ” Warna” atau “Colors”. Dalam menu inilah pengguna bisa mengaktifkan mode gelap di Windows 10.

Pengguna juga bisa memilih warna lain sesuai dengan keinginan. Untuk mengaktifkan mode gelap, pengguna cukup mengaktifkan tombol “dark” pada kolom “default Windows mode” dan “app mode”. Jika mode gelap diaktifkan, warna tampilan menu Start Windows dan aplikasi bawaan pun akan berubah. Pengguna juga bisa menyesuaikan warna tema yang diinginkan. Opsi “custom” seperti pada gambar di bawah ini memungkinkan pengguna untuk mengkombinasikan mode gelap dan terang bersamaan.

Perlu diingat, bahwa pengaturan warna ini akan mengubah warna menu dan aplikasi bawaan, seperti File Explorer dan menu Pengaturan. Aplikasi tambahan yang bakal terpengaruh adalah Alarm & Jam, Kalkulator, Kamera, Kalender,, Peta, Pesan, Microsoft Store, hingga aplikasi Konsol Xbox, dan Your Phone. Selain itu, pengaturan warna dan tampilan ini juga akan memengaruhi aplikasi pihak ketiga yang sudah mendukung mode gelap Windows 10, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *